Posted by : Unknown Rabu, 06 Februari 2013

artikel bola daffa ambil di
http://olahraga.kompasiana.com/bola/2011/04/06/ternyata-asal-usul-sepakbola-dari-indonesia-ulasan-terlengkap-terpercaya/
Banyak teori yang mengemuka tentang asal usul sepakbola. Ada yang mengatakan dari Mesir, Yunani, China, Inggris, dan lain-lain. Namun semua teori itu, argumen yang disampaikan tidak ada yang memuaskan. Mengenai hal itu penulis sangat mengerti dan memahami mengapa ketidakjelasan itu terjadi. Tidak lain dan tidak bukan, ketidakjelasan itu terjadi karena berdasarkan sumber yang salah. Penulis dapat memastikan jika daerah-daerah yang disebutkan di atas bukanlah daerah asal sepakbola.
Lalu, darimanakah asal usul sepakbola???
Jawabannya ada pada judul.
Ya.. Indonesia lah asal usul sepakbola.
Ingin tahu alur kisah lengkapnya? Simak baik-baik.
Sejarah sepakbola tidak dapat dipisahkan dari kisah Mahabarata yang terjadi di Bumi Nusantara, terutama menyangkut Pandawa dan Punakawan. Perlu diketahui Pandawa adalah keturunan raja dan Punakawan adalah pengasuh pandawa yang suka melawak atau humor.
Pada suatu hari, Bima, salah satu dari Pandawa sedang bersedih hati dan bermurung ria karena cintanya belum terbalas. Melihat kondisi Bima yang tidak sumringah, Petruk merasa ikut sedih. Terlintas dalam pikiran Petruk untuk menghibur tuannya itu. Petruk berfikir keras mencari-cari cara. Setelah 2 jam, belum juga menemukan ide, sementara Bima semakin memprihatinkan pasang mukanya. 2 menit kemudian datanglah Bagong menghampiri Petruk. Tiba-tiba Petruk merasa tergelitik melihat celana yang dikenakan Bagong yang bermotif kotak-kotak hitam putih. Secara tak terduga sambil ketawa, Petruk menyepak-nyepak bokong bagong. Bagong pun membalas menyepak bokong Petruk sambil ketawa juga. Akhirnya kedua punakawan ini saling ketawa-ketawa tak tertahankan sambil tetap saling menyepak bokong satu sama lain sambil berlari-lari seperti orang gila. Melihat keadaan yang ramai, bahagia, dan lucu itu, Bima pun ketawa terbahak-bahak.
2 detik kemudian, Bima, Bagong, dan Gareng pun usai dari guyonannya. Bima sangat terkesan dengan permainan sepak bokong dan lari-lari seperti orang gila tadi dan dianggap sangat menghibur dan mampu menghilangkan segala masalah. Agar mudah diingat dan diucapkan, permainan itu pun diberi nama oleh Bima sebagai SEPAK BOKONG LARI GILA. Karena terlalu panjang, disingkat menjadi SEPAK BOKONG GILA, dan akhirnya “final” menjadi SEPAKBOLA.
Semenjak nama itu ditemukan. Berkembanglah permainan sepakbola itu dengan aturan-aturan yang semakin baik dan menyebar ke seluruh nusantara. Agar permainan lebih seru, datanglah ide membuat benda bulat agar mudah disepak-sepak, yang kemudian disebut BOLA. Setelah bola ditemukan, permainan semakin seru, para bangsawan, dan rakyat jelata pun bersatu padu memainkan sepakbola itu dengan semangat kebahagiaan.
2 abad kemudian, Nusantara dilanda banjir besar. 99% peradaban musnah. Dan 99% rakyat tewas. Rakyat yang tersisa memulai kehidupan dari NOL. Rakyat yang tersisa cuma 4 orang, itu pun 3 anak kecil dan 1 wanita dewasa yang tunanetra. Budaya sepakbola yang pernah ada pun hilang dan terlupakan. 50 tahun kemudian, jumlah rakyat sudah 1 juta orang.
5 abad kemudian, datang penjajah Eropa tepatnya Inggris ke Indonesia. Tanpa diduga Letnan Jendral Tentara Inggris menemukan prasasti tentang sepakbola di dalam sumur tua. Karena Sangat tertarik dengan prasasti itu, akhirnya dibawa ke negaranya dan diperkenalkan di negaranya itu. Menjiplak skenario penamaan sepakbola dan sedikit translate, kata “sepakbola” diubah ke dalam bahasa Inggris, maka jadilah “FOOT BOTTOCK”. Karena bulatan “bottock” pada manusia cuma separuh, padahal semestinya penuh, maka dirubah lagi menjadi “FOOT BOTTOCK ALL”. Akhirnya dirubah lagi, dan resmi, sampai sekarang menjadi FOOTBALL.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Chat

Postingan Populer

Copyright © 2012 daffa -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan